id

Cuci Mobil anda dengan Seksama

News | 25 September 2017

Untuk Anda yang hobi otomotif, mencuci sendiri mobil bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan atau bahkan menjadi terapi pengusir stress setelah satu pekan penuh beraktifitas. Bagaimana cara mencuci bagian eksterior mobil yang tepat guna dan menghasilkan mobil bersih nan kinclong? Yuk simak tips mencuci mobil berikut ini.

Peralatan dan bahan pencuci

  1. Gunakan air bersih yang berasal dari sumur atau PDAM. Disarankan air dialirkan melalui pompa air agar mempunyai tekanan atau akan lebih baik bila menggunakan mesin steam jet wash.
  2. Peralatan cuci diantaranya dua ember untuk shampo dan pembilas, sikat ban yang lunak, kuas, beberapa spon dan lap plas chamois (kanebo) untuk masing-masing bagian (body, kaca, pelek dan mesin) jangan sampai tertukar, lap kain microfiber serta alat vakum cleaner.
  3. Bahan pencuci shampo mobil, semir ban, pembersih kaca dan pembersih interior (panel, dashboard dan jok)

 

Urutan Mencuci (Eksterior)

  1. Keluarkan karpet alas kaki dan cuci, lalu keringkan.
  2. Setelah kondisi mobil dingin dengan maksud agar air tidak cepat mengering dan meninggalkan bekas, pencucian dilakukan mulai dari spakbor karena bagian ini yang paling kotor dengan menyemprotkan air yang bertekanan, kemudian disikat untuk melepaskan kotoran yang membandel. Selanjutnya bemper belakang bagian dalam, kedua sisi bawah fender kiri dan kanan, bagian kolong seperti kaki-kaki, tabung knalpot dan atau ban cadangan.
  3. Bersihkan ban dengan sikat lunak dan bersihkan pelek dengan lap terpisah yang tersedia.
  4. Basahi bodi mobil mulai dari atas bagian atap ke bawah. Berikan semprotan lebih pada setengah bodi bagian bawah untuk melepaskan lumpur halus yang menempel di sisi samping dan belakang. Kemudian bagian depan untuk melepaskan kotoran serangga dan bekas asap knalpot kendaraan di depan.
  5. Ulangi sekali lagi dengan penyemprotan air secara menyeluruh dari atas ke bawah. Bila perlu, diraba dengan telapak tangan untuk menyakinkan bahwa kotoran telah lepas.
  6. Pencucian dilakukan dengan menggunakan spons dan cairan pembersih dengan tekanan ringan, dimulai dari bagian atap, kap penutup mesin berikut bonet grill depan dan body sisi samping kiri, kemudian segera semprot air kembali sampai bersih.
  7. Berikutnya cuci bodi sisi samping kanan dan belakang, terus disemprot air kembali sampai bersih.
  8. Cuci pelek dan ban dengan cairan pembersih, ban disikat ulang, lalu siram air.
  9. Siram atau semprot sekali lagi secara menyeluruh bodi mobil berikut rodanya.
  10. Proses pengeringan dilakukan dengan menyapu seluruh permukaan bodi menggunakan lap chamois, kemudian rongga celah pintu. Akan lebih optimal bila menggunakan angin bertekanan dari kompresor, agar tempat-tempat yang sempit dan sulit dijangkau seperti di celah antara pintu dan panel, handel pintu, lis kaca pada pintu, seputar spion, emblem, rumah foglamp, grill mesin dan wiper agar dapat segera dikeringkan.
  11. Ulangi lap kembali, cermati air yang tertinggal pada tempat-tempat tertentu.

 

Pekerjaan finishing

  1. Sebagai pekerjaan finishing, lakukan lap ulang seluruh permukaan body sampai betul-betul kering.
  2. Pembersihan kaca bagian luar dan dalam menggunakan cairan pembersih kaca dan lap microfiber.
  3. Setelah ban mengering, semir ban dengan menggunakan spon atau kuas, biarkan mengering sendiri.