id

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

News | 25 September 2017

Jika Anda suka dengan kegiatan outdoor dan mengamati satwa liar seperti safari, sekarang sudah tidak usah jauh-jauh pergi ke Afrika. Silakan kunjungi Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan dan pengalaman yang kurang lebih sama.

Taman Nasional Baluran (TNB) yang berada di Jawa Timur ini memang sudah dikenal dengan julukan Africa van Java, pasalnya TNB memang sebuah padang savana luas, dengan koleksi satwa liar yang banyak.

Sementara koleksi satwa liar yang dimiliki TNB antara lain kerbau, banteng, monyet ekor panjang, dan burung merak yang bisa Anda amati saat bertualang di padang savanna TNB.

taman-nasional-baluran--4

Selain savanna, TNB yang memiliki luas 25 hektar ini juga dikenal sebagai miniatur hutan di Indonesia, pasalnya hampir semua jenis hutan di Indonesia ada di TNB.Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang terdiri dari vegetasi savanna, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun, sekitar 40% dari TNB merupakan vegetasi savanna.

Menuju ke TNB melalui jalan darat dan menggunakan mobil pribadi sebenarnya menjadi pilihan yang tepat, apalagi jika kendaraan yang digunakan berjenis SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport. Mulai dari jarak paling dekat, atau berangkat dari kota Surabaya, bisa langsung menuju kota Banyuwangi, menempu jarak sepanjang 293 km yang bisa ditempuh dalam waktu antara 5-7 jam. Selanjutnya bisa melanjutkan dengan rute Banyuwangi-Batangan-Bekol  dengan jarak tempuh 35 km dan waktu perjalanan antara 45menit hingga 1 jam.

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta, jarak yang harus dijalani menuju kota Banyuwangi adalah sepanjang 568,7 km, melalui jalur Utara, dengan lama waktu perjalanan 12-14 jam. Rute selanjutnya juga sama, Banyuwangi-Batangan-Bekol untuk mencapai TNB.

Dan tentunya yang paling jauh, dari Jakarta, atau Bandung yang harus menempuh jarak sekitar 1.049 km dengan lama perjalanan 18-21 jam, tergantung banyak berhenti dan kondisi lalu-lintas, ditambah jarak Banyuwangi-Batangan-Bekol, bisa 22 jam.

Untuk masuk ke TNB, pengunjung dikenakan biaya mulai Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 150.000 untuk wisatawan asing. Untuk Anda yang membawa kendaraan dikenakan biaya masuk tambahan Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil di hari biasa

Sementara jika Anda datang di akhir pekan, maka akan dikenakan biaya masuk Rp 7.500 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 225.000 untuk wisatawan asing, dan kendaraan sepeda motor dikenakan biaya Rp 7.500 dan mobil Rp 15.000.

Setelah melakukan pembayaran di gerbang, Anda harus meneruskan perjalanan sepanjang 12 km untuk mencapai Padang Savana Bekol, Karenanya lebih baik Anda menggunakan kendaraan saat berkunjung ke TNB, pasalnya belum ada shuttle resmi.

taman-nasional-baluran-1

Selain savanna, dan hutan, Anda juga bisa mengunjungi lokasi unik lain di TNB, seperti Gua Jepang, tempat bersembunyinya tentara Jepang saat Perang Dunia II juga Pantai Bama, Pantai Balana dan Pantai Bilik-Sejile  yang memiliki pemandangan unik, pertarungan rusa jantan di bulan Juli-Agustus juga kawanan kera abu-abu yang memancing kepiting menggunakan ekornya.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi TNB, silakan langsung datang ke lokasi dengan Mitsubishi favoritmu ya, Mitsubishi Family!