id

Lokasi Wisata Seru Di Jawa Barat – Green Canyon

News | 23 October 2017

Green Canyon atau lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama Green Canyon sendiri adalah dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama Green Canyon.

Bagi penduduk lokal, Cukang Taneuh memiliki makna jembatan tanah. Hal ini karena di atas lembah dan jurang dari Green Canyon terdapat sebuah jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani setempat untuk menuju kebun mereka.

greencanyon2

Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Silakan pilih  objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air karena di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

Ya, untuk mencapai Green Canyon, dari dermaga Ciseureuh, Anda harus menempuh perjalanan selama 30 sampai 45 menit dengan menggunakan perahu kayu modern yang juga sering disebut dengan “Ketinting”. Tarif per orang untuk ketinting ini adalah 75.000 Rupiah dengan daya tampung maksimal lima orang dan beroperasi mulai pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

Ketinting ini akan membawa Anda menyusuri sungai. Sepanjang perjalanan nantinya Anda akan disuguhi oleh pemandangan pohon-pohon hijau yang menjulang di sepanjang tepi sungai. Jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa satwa di sekitar sungai. Anda juga bisa menikmati air terjun yang turun dari sisi tebing.

Selama perjalanan yang cukup panjang dalam ketinting, Anda juga akan bertemu beragam arus sungai yang memungkinkan bagi Anda untuk berenang. Selain itu, Anda juga dapat berjalan-jalan menyusuri gua dengan stalaktit dan stalagmit yang meneteskan air. Selama perjalanan di atas perahu, suara gemuruh air yang berjatuhan di tebing menjadi suara yang unik dan menenangkan.

greencanyon4

Suka tantangan yang memacu andrenalin? Nah,  Anda bisa mencoba terjun ke sungai dari batu berketinggian 5 meter atau mencoba atraksi panjat tebing. Sedangkan bagi yang suka ketenangan, bersampan sambil memancing bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Salah satu kegiatan yang menjadi favorit para wisatawan adalah Body Rafting. Harga yang ditawarkan berkisar antara 150.000 Rupiah sampai 250.000 Rupiah. Paket body rafting ini tidak hanya rafting saja tapi juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing dengan ketinggian mencapai 9 meter, dan juga trekking.

Di sekitar Green Canyon, tidak banyak pilihan penginapan dan hotel layaknya di Pangandaran kecuali homestay, rumah masyarakat yang disewakan seluruhnya atau sekedar kamar. Dengan harga sewa yang merakyat, jangan berharap mendapat layanan layaknya menginap di hotel, tapi juga tidak akan mengecewakan Anda dengan layanan penuh “kekeluargaan”, masyarakat sekitar sangat menghormati tamu-tamunya dengan baik dan ramah. Pesan makanan dengan masakan “rumah” pun Anda juga bisa dilayani dengan baik.

Pilihan menginap lainnya anda bisa memilih hotel di pantai Batu Karas, dapat di jangkau tidak jauh dari Green Canyon,  hanya 15 menit dengan kendaraan anda sudah bisa merasakan deburan ombaknya. Di Batu Karas, tempat yang ideal untuk bersepi menikmati ombak dan belajar surfing, lengkap sudah wisata anda, air asin dan tawar melengkapi liburan akhir pekan anda dan keluarga.

Rute overland : Lokasi Green Canyon (Cukang Taneuh) berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Berangkat dari Jakarta menggunakan Mitsubishi Anda dengan melalui rute berikut ini, yaitu dari Bandung menuju Tasikmalaya – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi lalu Cijulang (Green Canyon) atau disebut jalur Timur dengan jarak tempuh 170 km. Sedangkan jalur Selatan melewati kota Tasik, Cipatujah, Cikalong, Cimanuk lalu Cijulang, dengan jarak kurang lebih 60 km.

Dari Jakarta, Anda akan menempuh perjalanan normal 7-8 Jam (dari Bandung waktu tempuh 5-6 jam), karena anda akan menempuh jarak tempuh sekitar 333 Km persiapkan sopir cadangan untuk saling bergantian, atau istirahat yang cukup tiap 3 jam perjalanan di beberapa lokasi rest area, di Bandung atau di kota Banjar. Waktu berangkat yang nyaman adalah malam hari, jika ini adalah liburan weekend waktu yang tepat berangkat pada Jum’at malam.