id

Banyuwangi, Eksotisme “Tersembunyi” di Timur Jawa

News | 18 December 2017

Begitu mendengar kota Banyuwangi, yang terpikir dalam benak kita adalah kota di ujung timur Pulau Jawa yang menjadi persinggahan terakhir sebelum penyeberangan ke Pulau Bali. Padahal, jika ditelusuri lebih mendalam, kota Banyuwangi memiliki sejuta eksotisme alam yang berbeda dengan wilayah lainnya di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, tim Mitsubishi Motors Indonesia berkesempatan untuk mengunjungi Banyuwangi. Dari Surabaya, kami mengemudi sejauh 300 km selama kurang lebih delapan jam menuju kota Banyuwangi. Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka jarak yang harus ditempuh kurang lebih 1.047 km dengan waktu tempuh sekitar 24 jam.

Dalam perjalanan kali ini, kami mengeksplorasi tiga kekayaan alam di Banyuwangi, yaitu Jawatan Benculuk, Pantai Pulau Merah, dan Taman Nasional Baluran yang namanya kini makin meroket di kalangan wisatawan baik lokal maupun luar negeri.

Jawatan Benculuk

Kawasan Jawatan Benculuk terletak tidak jauh dari kota Banyuwangi. Anda hanya perlu mengemudi selama kurang lebih 30 menit ke arah kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Dalam kawasan ini terdapat populasi pohon Trembesi, pohon kayu besar dengan daun yang mengelilingi batangnya.

Pohon ini banyak dijumpai di film-film Hollywood bergenre fantasi, seperti The Lord of The Rings atau Alice in Wonderland. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang gemar ber-swafoto atau selfie. Namun, hindari penggunaan wewangian yang tajam, karena akan mengundang serangga mendekati Anda.

Trembesi 1 resTrembesi 3 resTrembesi 2 rev

Pantai Pulau Merah

Tempat wisata ini sudah cukup terkenal di Banyuwangi. Ciri khas dari Pantai Pulau Merah adalah adanya bukit kecil di tengah laut yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Konon katanya tanah di bukit ini berwarna merah, namun saat ini sulit terlihat karena tertutup pepohonan. Pantai Pulau Merah memiliki hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih 3 km.

Di pantai ini Anda dapat surfing karena ombak yang cukup tinggi. Anda juga dapat menikmati sunset dengan pemandangan pantai dan perbukitan. Pantai Pulau Merah terletak cukup jauh dari kota Banyuwangi, sekitar 70 km yang dapat Anda tempuh dalam kurang lebih dua jam berkendara ke arah selatan.

pulau merah 3 res pulau merah 2 pulau merah 1 res pulau merah 4

Taman Nasional Baluran

Eksotisme alam ketiga yang kami telusuri di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran, yang terletak di sebelah utara Kabupaten Banyuwangi, wilayah Banyuputih, Situbondo. Dari Kota Banyuwangi, Taman Nasional ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah di pagi hari, di mana udara masih sejuk dengan intensitas matahari sedang.

Taman Nasional Baluran menempati luas area 22.500 hektar berupa hutan pesisir dan padang rumput serta diapit oleh tiga gunung, Baluran, Merapi dan Ijen. Di area ini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan musim dan padang Savana Bekol. Di padang savana, Anda dapat menemui keragaman fauna, seperti rusa, kerumunan kupu-kupu, ayam dengan jengger berwarna-warni, dan jika beruntung Anda dapat menemui merak yang berkeliaran. Di kawasan Taman Nasional Baluran, populasi monyet terbilang cukup banyak, jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan Anda agar tidak kecurian.

baluran 4 res baluran 3 res baluran 1 res

Foto: Afif Huwaida & Tri Yanuar Achmad