Berkendara Dengan Baik Pada Rute Tanjakan dan Turunan Dengan Mobil Bertransmisi Otomatis
Bagi masyarakat di kota besar berkendara menggunakan mobil bertransmisi otomatis tentu menjadi pilihan yang lebih nyaman. Mengingat kondisi jalan di perkotaan yang padat dan kerap macet. Namun rute luar kota cenderung memiliki kontur beragam, mengingat lanskap di Indonesia didominasi oleh pegunungan dan dataran tinggi hingga dataran rendah di area pantai. Bagi Mitsubishi Family yang gemar berlibur menggunakan mobil Mitsubishi kesayangan tentu perlu memahami teknik mengendarai mobil matik saat berhadapan dengan jalur tanjakan hingga turunan ekstrem.
Nah, agar lebih percaya diri untuk berkendara di jalan menanjak maupun turunan saat menggunakan mobil matik, berikut beberapa tips yang bisa dipelajari.
1) Pindahkan tuas ke posisi rendah
Untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis, pasti memiliki beberapa tingkatan atau gigi sesuai kebutuhan. Untuk jalan menanjak yang cukup terjal, biasanya transmisi otomatis dengan percepatan terendah, yaitu 1/L (low). Cukup pindahkan tuas dari mode D (drive) ke L ini ketika menghadapi tanjakan curam atau ketika terjebak macet dan berjalan pelan di tanjakan.
Dengan posisi tersebut, percepatan dapat diatur untuk memaksimalkan torsi yang besar untuk melibas tanjakan. Dengan gigi berada di posisi tersebut, pastinya daya puntir lebih maksimal dan tidak ada masalah saat melewati tanjakan dengan kemiringan yang ekstrem sekalipun. Sementara untuk menurun, mobil akan menahan kecepatan di gigi terendah sehingga engine brake akan berfungsi menahan laju mobil.
Sedangkan jalan menanjak yang masih landai, biasanya ada pilihan gigi terendah 2/S (second). Dengan gigi di posisi tersebut, menghasilkan kombinasi antara torsi dan tenaga untuk melewati tanjakan yang landai.
2) Gunakan paddle shift
Pada mobil bertransmisi otomatis seperti di Mitsubishi Pajero Sport dan Eclipse Cross tersedia opsi paddle shift. Adanya fitur ini menghadirkan perpindahan percepatan seperti pada transmisi manual tanpa menginjak pedal kopling. Ketika bertemu jalan menanjak Anda bisa melakukan perpindahan gigi ke gigi paling rendah dengan menekan tuas paddle shift ini agar mobil tidak kehilangan momentum.
Transmisi otomatis dengan paddle shift, memudahkan pengendara untuk mendapatkan tenaga lebih maksimal dengan melakukan perpindahan percepatan seperti melewati perbukitan dengan kontur jalan menanjak dan menurun.
3) Manfaatkan fitur over drive (o/D)
Fitur ini memang sudah ada di transmisi otomatis sejak lama, dan digunakan pengendara untuk membantu mendapat traksi saat harus melewati tanjakan atau mendahului kendaraan lain dengan cepat. Fitur over drive ini tersedia di Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross, yang terletak pada sisi samping di tuas transmisi. Cukup tekan tombol o/d ini ketika menghadapi tanjakan sehingga mobil akan memindahkan ke gigi yang lebih rendah guna mendapat torsi lebih besar.
Namun harus diingat jika fitur ini bisa digunakan saat mobil menanjak dengan kecepatan stabil atau bisa dimanfaatkan ketika harus menyalip kendaraan lain di jalur menanjak. Tapi ketika mobil menanjak dari keadaan berhenti tetap Anda harus menggunakan gigi paling rendah ya.