DNA Mitsubishi Pajero Sport Berawal Dari Balap Reli Dakar

Dunia balap mobil memang tidak dapat dipisahkan dengan DNA Mitsubishi. Bisa dibilang jika dari ajang balap mobil inilah Mitsubishi mendapatkan nama besarnya. Salah satunya di ajang balap reli, di mana Mitsubishi merajai ajang ini sejak tahun 1980-an. Dari ajang reli inilah lahir mobil-mobil penumpang Mitsubishi yang sekarang hadir di Indonesia. 

Di Indonesia siapa yang tidak kenal dengan Mitsubishi Pajero Sport, SUV bermesin diesel yang tangguh dan juga gagah. Ternyata cikal bakal lahirnya SUV 7 penumpang ini juga tidak bisa dipisahkan dari ajang balap reli dengan Mitsubishi Pajero. Bahkan bersama Mitsubishi Pajero ini Mitsubishi pernah mengukuhkan sebagai penguasa dari balap reli terganas di dunia, reli Dakar. 

Nama Dakar kemudian identik dengan Mitsubishi Pajero Sport karena pabrikan Jepang ini merupakan pemegang gelar kemenangan kategori mobil terbanyak. Di mana, semua kemenangan tersebut dipersembahkan hanya oleh satu nama, Mitsubishi Pajero. 

Hal ini tercatat berdasarkan data yang dirilis, model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran tersebut sebanyak 12 kali. Hal ini terhitung sejak 1985 silam. Dominasi Mitsubishi Pajero berlanjut setelah tujuh tahun, dengan tak terkalahkan dan menjadi juara reli Dakar di tahun 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007. 

Inilah cikal bakal dari Pajero Sport yang kemudian menjadi SUV pilihan konsumen Indonesia. Meski kedua ini merupakan spesies yang berbeda, tapi antara Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport punya kesamaan dari sisi ketangguhan dan juga daya tahan. 

Generasi Pertama

Sebenarnya Mitsubishi Motors pertama kali merilis Pajero Sport pada 1996 silam. Mobil SUV ini memiliki desain yang cenderung kotak dengan postur yang gagah. Awalnya Pajero Sport ini memang hanya dipasarkan untuk domestik di Jepang saja, namun selang setahun mobil tersebut akhirnya di ekspor ke beberapa negara. Mobil ini mulai dirakit di Tiongkok tahun 2003, dan Brasil tahun 2006.

Generasi awal dari Pajero Sport ini sudah dilengkapi dengan suspensi depan independen (independent front suspension) dengan torsion bar dan live rear axle. Dalam perkembangannya, suspensi belakang mobil ini juga mengalami pergantian dari per daun menjadi per keong di akhir tahun 2000. 

Generasi Kedua

Di Tanah Air, Mitsubishi Pajero Sport sendiri hadir di Indonesia pertama kali pada 2009 silam dengan bentuk yang sudah masuk ke generasi kedua ini. Kala itu Pajero Sport memiliki konsep sebagai kendaraan All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV) yang tangguh di segala medan namun tetap nyaman untuk aktivitas di dalam kota. 

Pajero sport memiliki ruang kabin yang luas, tujuh kursi penumpang dan irit bahan bakar sehingga kendaraan ini juga cocok digunakan sebagai kendaraan keluarga untuk berbagai aktivitas. Awalnya Pajero Sport menggendong mesin 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line (4D56) yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. 

Dua tahun berselang, Mitsubishi memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini yang lebih bertenaga, handal namun tetap efisien bahan bakar. Dua tahun berikutnya pada 2013 Pajero Sport ini mendapat penyegaran total dengan 9 perubahan di eksterior dan interior, memberikan tampilan yang semakin sporty, dinamis dan agresif.

Memasuki tahun 2014 Mitsubishi Motors kembali menambah varian Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS yang memberikan tenaga yang besar, suara yang halus serta emisi gas buang yang rendah.

Generasi Ketiga

Awal tahun 2016, Mitsubishi Pajero Sport mendapat generasi baru dengan tampilan yang benar-benar baru dan lebih modern. Desain eksteriornya didominasi oleh garis-garis tajam dengan DNA Dynamic Shield Mitsubishi di bagian depan. 

Bagian mesin juga mendapat revisi dengan mesin baru 4N15 2,4 liter MIVEC yang sanggup menghasilkan tenaga 181 PS dengan torsi 430 Nm. Tidak hanya itu, Pajero Sport terbaru ini juga mendapat transmisi baru yaitu otomatis 8 percepatan, yang menawarkan perpindahan gigi lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

Sektor kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan, sehingga Pajero Sport generasi ketiga ini lebih nyaman dikendarai di berbagai medan. 

Sejak diluncurkan hingga Mei 2020, populasi Pajero Sport di Indonesia mencapai lebih dari 160.000 unit. Totalnya sudah ada 160.510 unit Pajero Sport di Indonesia sejak diluncurkan pada 2009 silam.