KONTES NASIONAL MENINGKATKAN PERFORMA SDM DILER MITSUBISHI MOTORS
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sangat mengutamakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjalankan seluruh proses bisnis, terutama SDM yang berhubungan langsung dengan para konsumen. Salah satunya upayanya adalah mengadakan kontes nasional meningkatkan performa SDM diler Mitsubishi Motors (National Contest) yang dihelat pada 24-25 Januari 2023 silam di Jakarta.
Agenda ini juga menjadi salah satu bentuk apresiasi bagi SDM diler Mitsubishi Motors yang selalu menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya kepada para konsumen.
“Kebutuhan konsumen akan produk maupun layanan kami terus berkembang, begitu pun kami yang harus turut menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumen untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepuasan mereka. Dari sisi layanan, ajang National Contest ini menjadi salah satu upaya kami untuk memastikan diler Mitsubishi Motors beserta SDM-nya memaksimalkan layanan yang ada dan mengimplementasikan standar terbaik yang telah ditetapkan oleh kami. Dengan SDM berkualitas dan juga berkompeten, kami berharap dapat turut meningkatkan kualitas hidup para pengguna produk serta layanan kami dan menemani setiap petualangan hidup mereka sesuai dengan komitmen dan branding ‘Life's Adventure’ kami untuk masyarakat Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura Presiden Direktur PT MMKSI.
Unsur yang diuji dalam ajang ini yaitu menitikberatkan pada kemampuan SDM diler Mitsubishi Motores dalam layanan Sales dan After Sales. Ajang ini memiliki 3 kontes utama yakni Sales Appraisal Program (SAP) yang ditujukan untuk tenaga penjual dengan 4 kategori berbeda (Sales Force, Sales Supervisor, Sales Manager dan Mitsubishi Dealer Trainer/MDT), Dealer Operation Kaizen Contest (DOKC) ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO), dan After Sales Contest yang ditujukan untuk 4 level berbeda (Service Manager, Spare Part Manager, Technician, dan Service Advisor).
Dalam menentukan pemenang, MMKSI telah melakukan penilaian sejak bulan April 2022 serta melakukan beberapa tahapan seleksi yang diselenggarakan secara tatap muka. MMKSI memberikan penghargaan bagi pencapaian yang diraih oleh diler Mitsubishi Motors selama kontes berlangsung. Pelaksanaan agenda ini sejalan dengan branding Life’s Adventure di mana MMKSI berharap dapat terus mendorong diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia untuk terus memberikan pengalaman terbaik bagi para konsumen.
BACA JUGA : BERAPA SIH KEBUTUHAN OLI KENDARAAN MITSUBISHI MOTORS?
SALES APPRAISAL PROGRAM
Sales Appraisal Program adalah bagian dari National Contest yang merupakan program kompetisi untuk mendorong diler Mitsubishi Motors untuk terus melakukan Improvement dari aspek Human Ware dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan Mitsubishi Motors di indonesia.
Tahun ini kontes dalam program ini menyelenggarakan beberapa kategori, yaitu kategori Sales Force, SPV, dan Sales Manager, serta kategori baru yaitu Mitsubishi Dealer Trainer atau MDT. Selain itu, MMKSI juga memberikan apresiasi kepada tenaga penjual LCV (Kendaraan Niaga Ringan) yang memberikan kontribusi terbesar di regionalnya masing-masing.
DEALER OPERATION KAIZEN CONTEST
Dealer Operation Kaizen Contest (Customer Satisfaction Officer) dalam National Contest bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan di diler Mitsubishi Motors melalui CSO sebagai agen yang membawa perubahan.
Kontes ini mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan kepuasan konsumen berdasarkan situasi aktual yang ada di diler. Mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.
Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi kondisi di diler dengan data-data yang tersedia (termasuk suara konsumen), membuat dan menjalankan rencana perbaikan di diler, lalu mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.
AFTER SALES CONTEST
After Sales Contest dalam National Contest merupakan program yang dihadirkan sebagai bentuk apresiasi kepada tenaga kerja After Sales dalam menjaga kualitas layanan di diler Mitsubishi Motors dan memahami nilai emosional dan kebutuhan konsumen yang bertujuan untuk membangun ikatan yang kuat antara konsumen dengan brand Mitsubishi Motors.
Pada kontes ini, MMKSI menilai beberapa fungsi di dealer yang terdiri dari Service Manager, Spare Part Manager, Technician, dan Service Advisor. Selain menilai dan mengevaluasi setiap fungsi, MMKSI juga mengukur kemampuan SDM diler Mitsubishi Motors dalam menjalankan tugas utama yaitu proses quality improvement secara terus-menerus dari sisi pelayanan, mulai dari proses penerimaan, perawatan berkala dan penanganan permasalahan kendaraan hingga proses penyerahan kendaraan kepada konsumen dengan mengimplementasikan standar operasional prosedur dan hospitality.
PEMENANG SALES APPRAISAL PROGRAM 2022
RANGKING | LEVEL | |||
SALES FORCE | SALES SUVERVISOR | SALES MANAGER | MDT | |
1 | CINDY BERLIAN H PT WICAKSANA BERLIAN MOTOR - AHMAD YANI BANDUNG | AYU AYESHA SANDHEA PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - PONDOK CABE | NURYADIN PT BUMEN REDJA ABADI - SEMARANG | RUBI PURNOMO PT DWINDO BERLIAN SAMJAYA - BINTARO |
2 | MELATI RIZKYAH A PT SUN STAR MOTOR - KOL SUTARTO (SOLO) | DINA PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - PADANG | LUCKY SONJAYA PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - BANDUNG | ARPAN PT BERLIAN MAJU MOTOR - PALEMBANG |
3 | RAHAYU KRISTYAWATI PT DWINDO BERLIAN SAMJAYA - BINTARO | AGUSTINUS TONY ADE TUKAN PT SUN STAR MOTOR - A. YANI SURABAYA | RENDRA ANGGRIAWAN S PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - LENTENG AGUNG | SILVIA KUSUMAWARDANI PT BUMEN REDJA ABADI - MAGELANG |
TENAGA PENJUAL KENDARAAN NIAGA RINGAN PALING KONTRIBUTIF
NAMA | DEALER |
ROHENDI | PT SUN STAR PRIMA MOTOR - FATMAWATI |
ANTI SISWATI | PT SURYA PUTRA SARANA - CIREBON |
FIQRAN | PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - BALIKPAPAN |
BENY SISWANTO | PT SUKA FAJAR - DURI |
PEMENANG DEALER OPERATION KAIZEN CONTEST 2022
RANKING | PEMENANG | ||
1 | YULISTIA FATMAWATI PT BUMEN REDJA ABADI - SIDOARJO | MIRANDA PUTRI APRILYANI PT SUN STAR MOTOR - AHMAD YANI | MOKHAMAD SIROJUDIN HASAN PT SRIKANDI DIAMOND MOTORS - PANGSUD |
2 | MEITA DIAH PERTIWI PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - MADIUN | FERI OKTAPIYANTO PT GEMILANG BERLIAN INDAH - PONTIANAK | IWAN PRIPAMBUDI PT SUN STAR MOTOR - MALANG |
3 | DHYNA SILFANA PT BOSOWA BERLIAN MOTOR - KENDARI | IWAN SETIAWAN PT BUDI BERLIAN MOTOR - NATAR | ADI PONCO PRASETYO PT SUN STAR PRIMA MOTOR - MARGAHAYU, BEKASI |
PEMENANG AFTERSALES CONTEST 2022
RANGKING | LEVEL | |||
SERVICE MANAGER | SPARE PART MANAGER | TECHNICIAN | SERVICE ADVISOR | |
1 | ALPRI MANOPPO PT MAKASSAR MANDIRI PUTRA UTAMA - MANADO | SUYANTO PT BERLIAN MAJU MOTOR - PALEMBANG | M. RIZKI ALIBASA & BAYU KUSUMA PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF CIPUTAT | TARMUDI PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF PLUIT |
2 | ASEP SAEPUDIN PT SUN STAR PRIMA MOTOR YASMIN | NOVA RAMADANTI PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF CIPUTAT | CAHYO NUGROHO & DAMAI FAJAR ALI IMPRON PT SUN STAR MOTOR - MT HARYONO SEMARANG | YOPAN ARISANDI PT LAUTAN BERLIAN UTAMA MOTOR - PANGKAL PINANG |
3 | MUHAMMAD MUNIF PT SUN STAR MOTOR - MT HARYONO SEMARANG | BUDI PT SARDANA INDAH BERLIAN MOTOR - GATSU (MEDAN) | ZAINAL MA’RUF & MOHAMMAD FAHRUR RISKY PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - JEMBER | ST NADIA ANGRAINI PT BOSOWA BERLIAN MOTOR - MAKASSAR |
4 | DONIE RISWANTO & MUHAMMAD DANY PT DIPO INTERNASIONAL PAHALA OTOMOTIF - SISINGAMANGARAJA | WAHYU TRI SETIAWAN PT BOROBUDUR OTO MOBIL - ADI SUCIPTO YOGYAKARTA |