Mitsubishi Xpander AP4 Sukses Bawa Rifat Sungkar Juara Nasional Sprint Reli 2021
Perjuangan Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Xpander AP4 di ajang kejuaraan reli nasional berbuah manis. Mitsubishi Xpander AP4 berhasil membawa Rifat menjadi juara nasional di ajang Sprint Reli 2021. Hasil ini diraih setelah melalui perjalanan panjang di beberapa tahapan selama 2021. Tercatat ada 4 putaran balap Sprint Reli yang harus dilalui Rifat bersama dengan Mitsubishi Xpander AP4 dan juga tim Xpander Rally Team (XRT).
Pada kejuaraan Sprint Reli putaran 1 yang bertempat di Tanjung Lesung, Banten, Rifat dan Xpander AP4 berhasil keluar menjadi juara. Namun di putaran kedua di tempat yang sama, Rifat harus puas berada di posisi runner up.
Namun di putaran ketiga yang berlangsung di Sentul, Jawa Barat, Rifat dan tim XRT berhasil keluar menjadi juara satu. Pada putaran keempat yang digelar di Meikarta, Cikarang, Rifat harus puas berada di posisi ketiga.
Tapi hasil ini sudah cukup mengukuhkan Rifat Sungkar dan juga Xpander AP4 sebagai juara nasional Sprint Reli 2021. Rifat bersama navigator M Redwan berhasil memaksimalkan performa Xpander AP4 hingga membuktikan bahwa mobil keluarga atau MPV juga bisa berkompetisi di ajang balap dan membawa prestasi.
Pembuktian Ketangguhan Mitsubishi Xpander
Kesuksesan Rifat Sungkar dan tim XRT dengan Mitsubishi Xpander AP4 di ajang Sprint Reli nasional 2021 membuktikan bahwa mobil keluarga juga bisa digunakan untuk kegiatan balap. Rifat berhasil menghilangkan keraguan banyak orang bahwa mobil keluarga seperti Mitsubishi Xpander ternyata mampu bersaing dengan mobil-mobil reli lain dengan jenis yang berbeda.
"Ini cukup gila karena balapan pakai mobil MPV, karena semua pembalap lain menggunakan mobil sekelas hatchback," ujar Rifat.
Rifat juga mengatakan bahwa konsep mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang ia gunakan sedikit banyak terbantu dari kondisi topografi lokasi sprint reli yang ada di Indonesia. Menurutnya lokasi yang digunakan tidak berorientasi pada kecepatan tinggi. Jadi fungsi dari aerodinamika yang ada tidak begitu berpengaruh pada handling atau pengendalian mobil.
"Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia misalnya," terangnya.
Beberapa kelebihan dari Mitsubishi Xpander AP4 yang dirasakan Rifat selama kejuaraan ini adalah dimensinya. Menurut Rifat dimensi mobil Xpander AP4 ini tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil reli yang pernah ada, misalnya Mitsubishi Lancer Evolution.
Perbedaan yang sangat terlihat dan terasa dengan mobil reli lainnya menurut Rifat adalah pada ketinggian mobil. Tapi kekurangan ini berhasil diakali dengan mengatur suspensi yang lebih mumpuni.
"Untuk Xpander AP4, begitu duduk dalam mobil, saya tidak merasa duduk di mobil lain. Tapi seperti duduk di mobil Mitsubishi Evolution," jelasnya.
Menurut Rifat yang juga menjadi brand ambassador Mitsubishi di Indonesia, keterlibatan Mitsubishi Xpander AP4 di ajang lomba Sprint Reli nasional memang sekaligus dijadikan sebagai laboratorium alam. Selama mengikuti ajang ini, Rifat mendapatkan banyak masukan agar nantinya Mitsubishi bisa mengembangkan mobil balap yang jauh lebih baik lagi.
"Siksaan yang dikasih ke mobil itu memang sangat amat berat kali ya. Tapi mobilnya lolos dan bisa bikin kita juara. Puas banget akhirnya," tegas Rifat dengan bangga.
Keberhasilan itu menurutnya jadi jawaban yang indah dari perjalanan panjang yang telah dilalui oleh Rifat Sungkar dalam membuat Mitsubishi Xpander AP4. Mulai dari persiapan desain tiga dimensi, diskusi dengan tim RFT, menyiapkan mobil bersama Ralliart Selandia baru hingga dukungan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akan ide gila jadikan mobil keluarga untuk balapan reli.
"Akhirnya persiapan yang lama ini mendapatkan hasil yang saya harapkan," tutup Rifat.