TIM MITSUBISHI RALLIART BERSIAP BERTUALANG RIBUAN KILOMETER!
Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi Ralliart bersiap bertualang ribuan Kilometer dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR). Mereka juga telah mengumumkan susunan tim untuk AXCR 2022 yang akan berlangsung dari 21-26 November di Thailand dan Kamboja.
Dari Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar (Indonesia) pemenang Indonesian Sprint Rally Championship, dan Chayapon Yotha (Thailand) yang telah memenangkan Thailand Autocross Championship, akan mengendarai dua mobil reli Triton di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dan bersaing untuk posisi yang lebih tinggi. Sakchai Hantrakul (Thailand) yang sangat berpengalaman akan mendukung mereka dengan mobil ketiga, dengan sebuah Triton sebagai mobil pendukung.
Tim Mitsubishi Ralliart akan memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan AXCR; TANT SPORT (Thailand), yang memiliki tim, bergabung dengan direktur tim Hiroshi Masuoka, mantan pembalap yang juga merupakan juara Reli Dakar dua kali sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis.
“Kami bangga dengan capaian Rifat Sungkar dengan Xpander AP4. Motorsport adalah petualangan buat masyarakat Indonesia, jadi kami ingin mengeksplorasi olahraga ini sebaik mungkin. Kami ingin jadi bagian penting dalam petualangan ini. AXCR 2022 di Thailand pada akhir November ini didukung oleh Mitsubishi pusat lewat keterlibatan Hiroshi Masuoka di dalamnya. Kompetisi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan produk kami selanjutnya. Partisipasi Mitsubishi Motors di AXCR untuk buktikan durabilitas dimana nanti sekembalinya Rifat, akan ada pembelajaran bagaimana improve produk kami ke depannya di seluruh dunia,” ungkap Naoya Nakamura, President Director Mitsubishi Indonesia.
Tim Mitsubishi Ralliart telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, pada 29-31 Agustus silam. Mengurangi bobot dan meningkatkan karakteristik output dari engine telah meningkatkan kemampuan berkendara, memungkinkan penanganan yang gesit di jalan yang berkelok-kelok. Selain itu, dual damper baru telah meningkatkan kinerja mengikuti jalan dan berkontribusi pada peningkatan signifikan dalam stabilitas berkendara dan kemampuan berkendara di jalan yang kasar.
“Ini merupakan suatu kesempatan besar dalam hidup saya karena ini tidak disangka beberapa bulan lalu Masuoka-san menghubungi saya melalui Mitsubishi Indonesia bahwa Mitsubishi akan kembali ke motorsport. Semua dilandasi dengan program kita Xpander AP4 sangat menarik perhatian dunia. Tahun ini kembalinya Mitsubishi langsung di ajang AXCR, ini seperti paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan dan komunikasi. Biasanya saya menempuh 200 kilometer di setiap reli, sekarang sekali jalan 1.700 kilometer. Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun,” senang Rifat.
Rifat Sungkar juga memuji impresi mobil dalam pengalaman pertamanya bersama mobil reli Triton: “Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar. Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan.”
Setelah berpartisipasi dalam tes ketahanan sebelumnya pada bulan Juni, Chayapon Yotha juga memberikan respons positif setelah mengendarai mobil yang ditingkatkan pada kecepatan reli yang diantisipasi: “Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi. Kami telah mengkonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan merespons masukan pengemudi dengan tepat dan gesit."
Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, berkomentar: “Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat. Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali dia masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya.
“Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid,” tutup Masuoka-san.
BACA JUGA: